Justin Bieber?

Herdian Zulkarnain

Anak saya yang belum lama genap 12 tahun dengan excited mengabarkan bahwa bintang tamu American Idol result show menjelang pengumuman kontestan yang akan masuk finale di tv kabel Star World adalah Justin Bieber. Beberapa hari sebelumnya, waktu dia mengeluh soal pulsa pada Ibunya, dia bilang harus menabung untuk beli CD Justin Bieber. Nama itu pun beberapa kali terdengar di antara ABG seumur akhir SD atau awal SMP.

Bayangan saya, Justin Bieber ini adalah pemuda akhir belasan atau awal dua puluhan seperti saat Justin Timberlake muncul, handsome, flamboyan, dan atletis khas American boy, dengan penampilan panggung yang meruntuhkan hati gadis-gadis. Jadi, ketika Ryan Seacrest mengumumkan nama Justin Bieber, saya menyiapkan diri untuk melihat a new Justin Timberlake. Tapi … jelas saya terperangah!

Justin Bieber @ Time Magazine

Justin Bieber ternyata tidak seperti Timberlake, bahkan tidak seperti bayangan saya tentang seorang superstar yang dipuja gadis-gadis ABG. Seorang bocah laki-laki bertubuh sedang, bahkan tergolong kecil saat saya tahu umurnya sudah 16 tahun, dengan rambut lebat pirang kecoklatan menutup dahi, bernyanyi dengan sederhana, dan menurut saya tidak waww… Wajahnya yang baby-face manis, imut, dan likeable, tapi petang itu di panggung American Idol kelihatan agak tegang. Yang menarik di penampilan kedua adalah saat ending lagu, dia mengambil alih drum dan membuat closing yang menawan.

Pikiran saya, dia adalah bintang di film-film remaja seperti Miley Cyrus, mantan model anak-anak, mungkin keluarga bintang, atau kondisi lain yang memberikan keuntungan Bieber sejak awal.

Di majalan Time edisi pertengahan Mei, ternyata ada feature tentang si Justin Bieber ini (dan saya baru tertarik membacanya saat dia muncul di panggung American Idol result show). Bieber ternyata bukan produk reality show atau talent show seperti American Idol, bukan mantan model anak-anak, bahkan tidak pernah ikut audisi komersial apapun. Pendek kata, Justin Bieber awalnya bukan siapa-siapa bagi warga Canada, apalagi Amerika. Tapi, Justin Bieber punya seorang ibu (Pattie Mallette) yang single parent, yang bangga dengan bakat anaknya itu. Mereka tinggal di kota Stratford Ontario, Canada.

Mallette punya kebiasaan mem-posting video Bieber di You Tube untuk disaksikan para kerabat yang tidak berkesempatan menontonnya secara langsung saat ia tampil di panggung talent show lokal, atau sedang menyanyi di rumah. Bieber bisa menyanyikan pop dan R&B dengan baik, lagu-lagu Alicia Keys, Stevie Wonder, dan semacamnya, dan dia bisa menyanyikannya dengan baik. Sangat baik. Tak mengherankan, dalam hitungan bulan videonya di internet telah disaksikan ribuan orang.

Kehidupan Bieber berubah di tahun 2007 itu juga, saat Scooter Braun – seorang promotor dan manajer musik di Atlanta – yang sedang browsing internet menemukan Bieber sedang menyanyikan lagu Aretha Franklin “Respect”. Dalam pikiran Braun, inilah bakat alam yang akan bersinar. Dua minggu kemudian, ia membelikan tiket bagi Bieber dan Ibunya ke Atlanta, dan menjadi manajer Bieber.

Tampaknya, Braun menyukai potensi internet dan menjadikannya basis utama membangun fans. Bieber mem-posting lagu baru, lalu menunggu reaksi dan pesan dari fans dan berinteraksi dengan mereka. Bieber memperlakukan mereka dengan bersahaja seperti teman biasa, mudah dikonta

idola ABG

, dan menyapa fans dengan masing-masing nama. Twitter follower-nya mencapai 2.2 juta, dan ia terbiasa me re-tweet mereka.

Sebagai penulis lagu (ini rupanya bakat istimewa yang tidak banyak dimiliki penyanyi muda), Bieber mempunya dua kekhususan: lagu balada lembut tentang perceraian orang tuanya, dan semacam cinta monyet bergairah yang biasa dialami remaja – dan bisa ditilik dari judul-judul lagunya: “U Smile”, “First Dance”, “One Less Lonely Girl”.

Justin Bieber merupakan satu-satunya artis yang punya 4 lagu hit tanpa pernah me-release album sebelumnya. Lagunya “My World” ditonton oleh 50 juta pelanggan You Tube dan salah satu yang paling banyak didiskusikan. Konsernya kemana-mana, dan fans-nya adalah gadis-gadis ABG yang menganggap kesederhanaan dan wajahnya yang manis berbeda dengan kebanyakan artis. Seorang gadis penggemar bernama Alicia Isaacson (13) dari Long Island berkomentar, “He’s so sweet. He’s not like every other guy who is just like, ‘Ugh, whatever.” Muncullah istilah baru di kalangan penggemarnya: ‘Bieber Fever’ atau ‘Biebermania’.

Justin Timberlake ingin berduet dengannya, demikian pula Usher. Kata Usher,”Dia menyanyi dan bermain gitar untukku, dan aku seperti … wow … anak ini bahkan punya bakat melebihi aku di usianya.” Bintang R&B ini pun segera melakukan kerja sama bisnis dengan Braun (manajer Bieber), yakni kontrak yang segera direalisasi dengan Def Jam Record.

Justin Bieber & Usher

Di luar panggung yang riuh, Bieber mengaku, “I am really tired. Right now, my schedule is just go,go,go. Sometimes I just wan to sleep.” Bahkan sore itu latihan hanya dilakuakn setengah karena sudah tidak mempunyai energi lagi. Akan tetapi, begitu di panggung lagi, tanda-tanda keletihan itu hilang, dan dia menguasai panggung dengan bertenaga. Lagi-lagi,di menit-menit awal hanya suara teriakan penggemar yang memenuhi ruangan.

Justin Bieber adalah fenomena baru bisnis musik di Amerika, dan tampaknya tidak akan mengherankan bila akan banyak orang yang mencoba mencari peruntungan dengan mengunggah video mereka di You Tube.

Ternyata You Tube dan website video lain bisa sangat positif bila tak disalah gunakan untuk penyebaran pornografi. Sebuah era baru dalam mempromosikan talenta personal …. dan dunia ini memang tidak lagi bulat (the world is flat) …. nice!

15 Responses to “Justin Bieber?”

  1. thx bos udah pasang link blog aku… sukses bos🙂

  2. ralat,
    – followersnya JB ada 4 juta.
    – I’m 13 dad not 12 anymore.
    *pizz lop en gaol*

  3. I LOVE U JB

    I MISS U JB

  4. hay justin beiber lg ap ni cinta

  5. woooowwwwww.,.,.,.justin very cool,.,.love you

  6. hy justin bieber ….

  7. justin i love you
    you are so handsome
    i like you forever

  8. I want your smile for my life now……………………………..

  9. Karin luph justin bieber Says:

    justin qw sangat mengidolaka mue bgt,,,,,,,,,,,,,
    kpand eeaaa qta bza k’temu,,,,,,,,,,,,

  10. hy justin yor great for evriting

  11. jb i love u…..
    you r handsomeeeeee
    i like uuuuu
    jb is the best

  12. jb i love uuuuu
    jb is the best

  13. jb you is my cool,i like you forever!!!!!!!!!!!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: